Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Partners In Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Tahun 2013/2014)

Kesturi, Resti and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Partners In Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2013/2014 menggunakan pembelajaran Partners in Learning. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa yang dirasa kurang. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode alur yang terdiri dari: proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut terlihat dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) siswa mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram sebelum tindakan 27,78%, siklus I 69,44% dan siklus II 88,88%, 2) siswa mampu menyampaikan ide matematika sebelum tindakan 11,11%, siklus I 50% dan siklus II 52,77%, 3) siswa mampu mengajukan pertanyaan matematika sebelum tindakan 30,55%,siklus I 44,44% dan siklus II 50%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dilihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 71. Siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebelum tindakan 33,33%, siklus I 63,88%, dan siklus II 69,44%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Partners in Learning dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA semester genap SMP Negeri 2 Colomadu tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, partners in learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:09
Last Modified: 20 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item