Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Concept Mapping Dan Problem Posing Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Menurut Taksonomi Bloom (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Wonogiri Tahun 2013/2014)

Sari, Lia Indah Purnama and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Concept Mapping Dan Problem Posing Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Menurut Taksonomi Bloom (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Wonogiri Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
09._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh metode pembelajaran Concept Mapping dan Problem Posing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Wonogiri dan (2) interaksi antara Concept Mapping dan Problem Posing ditinjau dari hasil belajar siswa menurut taksonomi Bloom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Wonogiri tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri dari kelas 7B sebagai kelas eksperimen dengan 25 orang siswa dan kelas 7D sebagai kelas kontrol dengan 24 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum dilakukan analisis variansi, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Concept Mapping yamg ditunjukkan dengan nilai FA = 4,54268 dan Problem Posing yang ditunjukkan dengan nilai FB = 5,59311 terhadap hasil belajar siswa, dan (2) tidak ada interaksi antara metode Concept Mapping dan metode Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai FAB = 1,39.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Concept Mapping, Metode Problem Posing, Taksonomi Bloom.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:01
Last Modified: 20 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29438

Actions (login required)

View Item View Item