Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di SMK Negeri 9 Surakarta

, Sugeng and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dr. Muslich Hartadi, S.T., M.T. (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di SMK Negeri 9 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_ilmiah.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh media yang digunakan. Media yang dirancang dengan baik dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat produk yang dibutuhkan guru dan mengetahui kontribusi produk tersebut bagi guru dalam menyiapkan media pembelajaran di SMK Negeri 9 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Alur desain penelitian dan pengembangan meliputi: (1) Observasi lapangan, pengumpulan data dan kajian pustaka, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba terbatas, (5) Merevisi hasil uji coba, (6) Uji coba lebih luas, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Produk hasil pengembangan berupa program yang dikemas dalam CD dan disertai petunjuk manual. Penilaian ahli media, diperoleh rerata skor nilai dari seluruh aspek = 3,80. Artinya hasil produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini dikategorikan sangat baik. Penilaian ahli desain media pembelajaran, meliputi lima aspek, diperoleh rerata skor nilai dari seluruh aspek = 3,83. Artinya desain media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini dikategorikan sangat baik. Tanggapan/penilaian subyek uji coba, terdiri dari tiga aspek yang dinilai, diperoleh rerata nilai skor = 3,74. Berdasarkan skala Likert: 3,74 terletak pada daerah mendekati sangat baik. Artinya produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh guru, sehingga layak digunakan guru sebagai media pembelajaran multimedia interaktif

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, multimedia interaktif, program media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jun 2014 08:10
Last Modified: 20 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29419

Actions (login required)

View Item View Item