Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan

Faludhy, Dasuki (2014) Pentingnya Supervisi Kepala Sekolah Sebagai Quality Control Terhadap Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sudimoro Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan supervisi kepala sekolah sebagai quality control sumber daya manusia pada kegiatan pembelajaran di SMP N 3 Pacitan, (2) mendiskripsikan supervisi kepala sekolah sebagai quality control sarana dan prasarana pada kegiatan pembelajaran di SMP N 3 Pacitan, dan (3) Mendiskripsikan supervisi kepala sekolah sebagai quality control system evaluasi kegiatan pembelajaran di SMP N 3 Pacitan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Sasaran supervisi kepala sekolah dengan SDM adalah akuntabilitas guru. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja guru. Kendala supervisi SDM, guru masih lemah tingkat kejujurannya, obyektivitasnya, dan rasa tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru dan karyawan. Program supervisi dengan 2 guru senior dan dibantu oleh pengawas sekolah. (2) Supervisi sarpras untuk mengetahui kondisi perlengkapan sarana prasarana pembelajaran dan keberimbangannya dengan jumlah siswa, mengetahui ketentuan tata bangunan, mengetahui fasilitas yang disediakan dan akses yang mudah, aman, dan nyaman. Kendalanya berupa kurang kesadarannya petugas dan pengguna, minimnya anggaran dana. (3) Obyek supervisi sistem evaluasi meliputi supervisi administrasi penilaian kinerja guru melalui supervisi akademik, pengamatan kegiatan belajar mengajar, menyampaikan pertanyaan setelah observasi kelas. Tujuannya untuk meningkatkan kurikulum dan proses pembelajaran agar lebih baik, membantu guru mengembangkan kompetensinya; KTSP; mengembangkan kurikulum; mengembangkan KKG dan membimbing PTK.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Quality Control, SDM, Sarpras, Sistem Evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 07:49
Last Modified: 17 Jun 2014 17:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29415

Actions (login required)

View Item View Item