Istiprijanti, Theresia Nurani and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Pengelolaan Disiplin Kerja Guru (Studi Situs di SD Negeri 9 Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bba IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ada 3 tujuan. (1) Mendeskripsikan karakteristik pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam administrasi pembelajaran. (2) Mendeskripsikan karakteristik pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam kegiatan pembelajaran. (3) Mendeskripsikan karakteristik pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 9 Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data berlangsung dalam bentuk siklus, yaitu mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian berdasarkan kualitas kebenarannya kemudian menggambarkan dan menyimpulkan hasilnya untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini adalah (1) pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam administrasi pembelajaran ditandai dalam administrasi pembelajaran mendapat perhatian oleh kepala sekolah dengan melakukan pembinaan rutin dan evaluasi monitoring terhadap administrasi pembelajaran. (2) Pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam kegiatan pembelajaran ditandai dengan melakukan pemeriksaan kesiapan guru berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Kedisiplinan kerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran ditandai dengan adanya supervisi yang terencana, program supervisi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut dengan penekanan pada penggunaan metode PAKEM yaitu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, dan pada akhir pembelajaran kepala sekolah memperhatikan cara guru dalam mengakhiri pembelajaran. (3) Pengelolaan disiplin kerja guru SD Negeri 9 Boyolali dalam evaluasi pembelajaran ditandai dengan melakukan evaluasi pembelajaran ditekankan pada efisiensi dan keefektifan pencapaian tujuan instruksional, keefektifan dan relevansi bahan pengajaran, produktivitas kegiatan belajar-mengajar, keefektifan sumber dan sarana pengajaran, dan keefektifan penilaian hasil dan proses belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin guru, administrasi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 07:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29413 |
Actions (login required)
View Item |