Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning di SD Negeri I Boyolali

Sari, Agatha Kristi Pramudika and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning di SD Negeri I Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran berbasis CTL (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis CTL (3) evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran berbasis CTL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri I Boyolali. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran diawali dengan pengembangan silabus yang dijabarkan menjadi RPP, dilengkapi dengan program tahunan, program semester, dan KKM, yang dikembangkan bersama melalui kegiatan rapat rutin guru dan KKG. (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga tahap yaitu kegiatan awal, inti, dan penutup, didukung dengan pengelolaan ruang belajar, pemilihan materi ajar yang sesuai, penggunaan media yang menarik, sehingga menciptakan interaksi tiga arah. (3) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan evaluasi proses dan hasil, sedangkan tindak lanjut pembelajaran berupa remedial dan pengayaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 07:32
Last Modified: 20 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item