Model Pengelolaan Program Pengalaman Lapangan Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

, Muhroji and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Model Pengelolaan Program Pengalaman Lapangan Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga: a. Mendeskripsikan pengelolaan PPL PGSD FKIP‐UMS yang dilakukan selama ini. b. Merumuskan model pengelolaan PPL PGSD FKIP‐UMS yang sesuai dengan tuntutan kompetensi. c. Mendeskripsikan kebijakan yang sebaiknya dilakukan agar pengelolaan PPL PGSD FKIP‐UMS sesuai dengan kebutuhan stake holder. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan desain phenomenologis. Penelitian dilaksanakan di FKIP UMS, Sekolah mitra/tempat PPL dan lembaga yang terkait. Sumber data berupa pedoman pelaksanaan PPL PGSD, dan dokumen kegiatan PPL dan nara sumber. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara serta forum group discussion(FGD). Data dianalisis secara kritis. Analisis kritis dilakukan dengan metode alir yang langkah‐langkahnya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi metode maupun sumber serta dilakukan forum group discussion(FGD). Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pengelolaan PPL PGSD : a. dilaksanakan oleh unit pengelola PPL; b. model pengelolaan PPL PGSD‐FKIP UMS secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu: 1). PPL terprogram, dan 1). PPL mandiri; c. PPL teprogram diperuntukkan bagi mahasiswa reguler, dilaksanakan pada semester VII, dan PPL Mandiri untuk mahasiswa PSKGJ/mahasiswa yang sudah menjadi guru, dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan; d. PPL dalam kurikulum PGSD FKIP‐UMS merupakan bagian integral dalam menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru profesional; e. PPL PGSD FKIP‐UMS masih lebih menekankan pada praktik persekolahan dan praktik pembelajaran. 2. Model PPL PGSD yang diusulkan “Model Pengelolaan Terpadu/Kolaboratif”, Kemitraan PGSD FKIP‐UMS dengan sekolah mitra tidak hanya pada tahap implementasi PPL, tetapi sejak penyusuan kurikulum PGSD, pelaksanan PPL sampai tahap pelaporan. 3. Kebijakan yang seharusnya dilakukan PGSD FKIP‐UMS adalah: a. perlu memiliki “Sekolah Laboratorium”; b. Pembiayaan PPL harus mencakup kegiatan yang komprehensif; c. Penunjukan sekolah mitra lebih menekankan pada kompetensi guru pamong dibanding akreditasi sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model PPL Terprogram. Model PPL Mandiri, Model PPL Terpadu/Kolaboratif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 07:14
Last Modified: 20 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

View Item View Item