Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Jurus Biodrawing Di TK Desa Trosemi II Bangsan Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Laraswati, Dona Dian and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Jurus Biodrawing Di TK Desa Trosemi II Bangsan Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (899kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (724kB)

Abstract

Penelitian dilakukan guna meningkatkan kemampuan visual-spasial anak khususnya menggunakan variasi dalam kegiatan jurus biodrawing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek peneliti ini adalah kelompok B yang berjumlah 17 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di TK Desa Trosemi II Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Data tentang kemampuan visual-spasial dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data kemampuan visual spasial menggunakan analisis komparatif. Anlisis data penggunaan kegiatan jurus biodrawing menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kecerdasan vsual-spasial anak melalui kegiatan jurus biodrawing. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan visual-spasial anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 33,57%, siklus I mencapai 57,84%, dan siklus II mencapai 88,57%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan jurus biodrawing dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak khususnya meggunakan variasi dalam kegiatan kelompok B di TK Desa Trosemi II Gatak Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual-spasial, Kegiatan Jurus Biodrawing
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 12:58
Last Modified: 19 Oct 2021 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29396

Actions (login required)

View Item View Item