Pengaruh Permainan Tradisional Jawa “Jamuran” Terhadap Perkembangan Ketrampilan Sosial Anak Usia Dini Di TK Pertiwi 1 Tarubasan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014

Safitri, Ika and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Pengaruh Permainan Tradisional Jawa “Jamuran” Terhadap Perkembangan Ketrampilan Sosial Anak Usia Dini Di TK Pertiwi 1 Tarubasan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (923kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (836kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan “jamuran” terhadap perkembangan ketrampilan sosial anak di TK Pertiwi 1 Tarubasan Karanganom Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest, yang disertai dengan pengujian hipotesis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Pertiwi 1 Tarubasan, Karanganom, Klaten tahun pelajaran 2013/2014 umur 4-5 tahun yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pedoman observasi dengan instrumen penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaian indikator perkembangan ketrampilan sosial anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen melalui permainan “jamuran”. Analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh thitung = -7,189 dan ttabel = -2,201 karena thitung > ttabel = -7,189>- 2,201 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan ketrampila sosial anak setelah diberikan eksperimen menggunakan permainan “jamuran” lebih baik daripada perkembangan kerampilan sosial anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan permainan “jamuran”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional jawa “jamuran” berpengaruh terhadap ketrampilan sosial anak usia dini di TK Pertiwi 1 Tarubasan Karanganom Klaten tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan jamuran, perkembangan ketrampilan sosial
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 11:53
Last Modified: 19 Oct 2021 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item