Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Business Risk (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Prasetyo, Hendro Adi and , Dr. Triyono, SE, AK, M.Si. (2014) Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Business Risk (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (744kB)

Abstract

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Oleh karena itu, penting bagi bank untuk menjaga kepercayaan masyarakat karena kegiatan usaha bank adalah mengandalkan pada kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi keuangan yang di proxcy dengan capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), loan to deposit ratio (LDR), net interest margin (NIM), dan ukuran perusahaan terhadap business risk yang diukur dengan standar deviasi dari return on asset (ROA). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji ketepatan model,uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 008-2012. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan perbankan yang melaporankan publikasi keuangan tahunan (annual report) dan indonesian capital market directory (ICMD) . Dari hasil tersebut diperoleh sampel sebanyak 111 perusahaan perbankan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital adequacy ratio (CAR), non performing loan (NPL), dan net interest margin (NIM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap business risk. Sedangkan loan to deposit ratio (LDR) dan firm size (ukuran perusahaan) berpengaruh tidak signifikan terhadap business risk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kondisi keuangan, ukuran perusahaan, dan business risk.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jun 2014 08:50
Last Modified: 18 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item