Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Jenar 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Hastuti, Widi and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Jenar 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (522kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di sekolah TK Aisyiyah Jenar 2 yang terletak di kabupaten Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosi anak kelompok B TK Aisyiyah Jenar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok B TK Aisyiyah Jenar 2 tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah kemampuan kerja sama siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan analisis dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan ini terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosi anak dengan peningkatan yang signifikan mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu 68,4% pada siklus I, meningkat 79% pada siklus II, dan mencapai hasil 89,5% pada siklus III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, emosi, sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:24
Last Modified: 19 Oct 2021 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item