Saputra, Agus Dwi and , Ahmad Mardalis, SE.,MBA (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Dealer Panorama Motor Cabang Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (631kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (665kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Yamaha. (2) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Yamaha. (3) Untuk menganalisis pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Yamaha Penelitian dilaksanakan di Dealer Yamaha Panorama Motor Cabang Kebakkramat dengan populasi semua orang yang membeli sepeda motor pada bulan Mei 2013. Sampel berjumlah 50 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, atau semua populasi bulan Mei 2013 diteliti sebagai sampel. Teknik analisis data: (1) uji instrumen penelitian, meliputi: uji validitas dan reliabilitas, (2) uji asumsi klasik, terdiri dari: uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas, (3) uji regresi linear berganda, (4) uji hipotesis, terdiri dari: uji F, uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji regresi linear berganda diperoleh rumus persamaan regresi variabel yaitu Y = 1,362+ 0,167X1 + 0,434X2 + 0,524X3. Iklan (X3) mempunyai nilai koefisien regresi paling besar yaitu sebesar 0,524 sehingga dapat disimpulkan iklan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. (2) Hasil uji t diperoleh nilai thitung dan nilai ρ sebagai berikut: (a) Variabel kualitas produk thitung = 2,388 dan ρ = 0,021, maka H0 ditolak dan menerima Ha disimpulkan terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. (b) Variabel harga thitung = 2,884 dan ρ = 0,006, maka H0 ditolak dan menerima Ha disimpulkan terdapat pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian. (c) Variabel iklan thitung = 3,745 dan ρ = 0,001, maka H0 ditolak dan menerima Ha disimpulkan terdapat pengaruh signifikan iklan terhadap keputusan pembelian. (3) Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 14,657 dan ρ sebesar 0,000, maka H0 ditolak dan menerima Ha. disimpulkan terdapat pengaruh signifikan kualitas produk, harga dan iklan terhadap keputusan pembelian. (4) Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,489 atau 48,9%, sehingga disimpulkan kemampuan variabel kualitas produk, harga, iklan dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 48,9%, sisanya 51,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian ini mendukung penelitian terdahulu, yaitu: Bambang Pranoto (2008). Made Novandri (2010), Milad Nufal Akbar (2011), Rizky Amalia Bachriansyah (2011), Tri Wibowo dan Sri Purwanti (2012), sehingga penelitian ini relevan dengan teori dan penelitian terdahulu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas produk, harga, iklan, keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 May 2014 08:18 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 14:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29181 |
Actions (login required)
View Item |