Yanti, Yanti and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, MH. (2014) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam Dan Buatan Melalui Metode Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN 3 Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (374kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran ips materi lingkungan alam dan buatan melalui metode Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SDN 3 Grobogan semester I tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dua pertemuan, dilanjutkan siklus kedua yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Berdasarkan deskripsi pelaksanaan tindakan, hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh data adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada setiap siklus. Prasiklus keaktifan yang diraih siswa 49,1%, siklus 1 keaktifan siswa 65,1%, sedangkan pada siklus 2 keaktifan siswa meningkat menjadi 75,3%. Jadi dari prasiklus ke siklus 1 meningkat 8, kemudian meningkat 17 pada siklus 2. Kesimpulan bahwa melalui metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa di kelas III semester 1 SDN 3 Grobogan tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan keaktifan dalam pembelajaran IPS, Metode Problem Based Instruction(PBI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 May 2014 07:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29150 |
Actions (login required)
View Item |