Utami, Kisparini Wiji and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Katong, Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (521kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (889kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Talking Stick pada siswa kelas I SD Negeri 1 Katong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Katong yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dengan analisis komparatif dan anlisis kritis. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan setelah penerapan metode Talking Stick. Pada pra siklus siswa yang aktif hanya 8 anak atau 42,1% dengan rata-rata persentase keaktifan siswa 49,1% dan termasuk dalam kriteria keaktifan rendah. Pada siklus I siswa yang aktif 15 anak atau 78,9% dengan rata-rata persentase keaktifan 65,1% dan termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus II siswa yang aktif 17 anak atau 89,4% dengan rata-rata persentase keaktifan 75,3% dan termasuk dalam kriteria aktif. Kinerja guru pra siklus mendapatkan skor 33 atau 60%. Sedangkan pada penerapan metode Talking Stick siklus I mendapatkan skor 40 atau 72,7%, dan pada siklus II skor 46 atau 83,6%. Dengan demikian penerapan metode Talking Stick terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, metode Talking Stick, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 May 2014 06:50 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29147 |
Actions (login required)
View Item |