PANUNTUN , RIKI (2009) PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER TIMBUL MARIDY JAYA SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040188.pdf Download (151kB) |
|
PDF
B100040188.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotion mix terhadap volume penjualan Dealer Timbul Maridy Jaya Sukoharjo dan mengetahui manakah diantara komponen promotion mix yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan Dealer Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Berdasrkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pemikiran bagi perusahaan untuk menentukan kebijakan pengelolaan manajemen pemasaran terutama yang berhubungan dengan volume penjualan dan masalah faktor promotion mix yang mempengaruhi volume penjualan pada Dealer Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Untuk menjawab hipotesis dalam penelitian digunakan alat analisis analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah laporan keuangan Dealer Timbul Maridy Jaya Sukoharjo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Dealer Timbul Maridy Jaya Sukoharjo pada tahun 2001-2007. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penjualan personal (X1) diperoleh nilai thitung = 18,548 > 12,706; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Pemasangan iklan (X2) diperoleh nilai thitung = 17,689 > 12,706; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Promosi penjualan (X3) diperoleh nilai thitung = 14,443 > 12,706; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Hubungan masyarakat (X4) diperoleh nilai thitung = 0,003 < 12,706; sehingga secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Pemasaran langsung (X5) diperoleh nilai thitung = 0,022 < 12,706; sehingga secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Berdasarkan hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung = 2764,121 > 230,00; sehingga promotion mix (penjualan personal, pemasangan iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung) secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,998 berarti bahwa promotion mix (penjualan personal, pemasangan iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung) dapat menjelaskan tentang perubahan pada volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo sebesar 99,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,2% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Penjualan personal merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap volume penjualan PT. Timbul Maridy Jaya Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion mix, volume penjualan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 20 Jun 2009 01:27 |
Last Modified: | 09 May 2011 04:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2914 |
Actions (login required)
View Item |