Kurniawati, Etik and , Drs. Muhroji, SE, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together Di SD Negeri 2 Mireng Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (588kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (816kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV tahun 2013/2014 dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together(NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Mireng, Trucuk, Klaten yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedang analisis data secara deskriptif kualitatif alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dianalisis diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan strategi Numbered Heads Together(NHT) pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA di SD Negeri 2 Mireng, Trucuk. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) motivasi belajar pada kondisi awal sebelum tindakan 47,22%, siklus I 58,33% dan diakhir tindakan Siklus II menjadi 80%, (2) hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada kondisi awal sebelum tindakan 46,67%, Siklus I 66,67% dan diakhir tindakan Siklus II meningkat menjadi 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya strategi pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 2 Mireng Tahun 2013/2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan motivasi, hasil belajar, IPA, Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 May 2014 10:16 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29137 |
Actions (login required)
View Item |