Kusumastuti, Dwi and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si. (2014) Penerapan Strategi Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tulung Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (324kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (832kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA kelas IV SD N 2 Tulung Klaten melalui strategi Student Team Achievement Division. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan dan hasil belajar siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan berbagai strategi.Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini menggunakan strategi Student Team Achievement Division. Subyek pelaksanaan tindakan siswa kelas IV SD N 2 Tulung berjumlah 12 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang dilakukan melalui tekhnik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa pada kondisi awal diperoleh prosentase 48,5%, pada siklus I menjadi 57,6%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,7%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut, dari 12 siswa diperoleh prosentase pada kondisi awal 59,16%, pada siklus I menjadi 66%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,1%. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 33,3%, siklus I 50%, dan siklus II 83,3%.Bedasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan guru hendaknya menggunakan strategi Student Team Achievement Division untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan,Hasil Belajar,Student Team Achievement Division |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 May 2014 09:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29135 |
Actions (login required)
View Item |