Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Sabrang Tahun Ajaran 2013/2014

Winarni, Idha and , Drs. yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Sabrang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I..pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada siswa kelas IV SDN Sabrang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan metode demostrasi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya tes, pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah komparatif interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kondisi awal 51,5% meningkat menjadi 72,1% pada siklus I. Sedangkan nilai kognitif siswa mengalami peningkatan dari nilai rata- rata 65,29 pada kondisi awal menjadi 68,82 pada siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi. Motivasi belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,7% dari 72,1% pada siklus I. Sedangkan nilai kognitif siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 68,82 pada siklus I menjadi 80,58 pada siklus II. Sementara ketuntasan yang dicapai pada siklus I meningkat menjadi 64,7% dari 29,41% pada kondisi awal. Siklus II ketuntasan mencapai 94,12% meningkat 29,42% dari siklus I yang hanya 64,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada siswa kelas IV SDN Sabrang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi,hasil belajar, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 08:20
Last Modified: 14 Oct 2021 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item