Fa'izah, Fa'izah and , Drs.Suwarno, SH,M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV MI Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (319kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode inkuiri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Manbaul Falah Gerit yang berjunlah 16 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik analisis interkatif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPA dapat dilihat Pada kondisi awal sebelum menggunakan metode inkuiri persentase motivasi belajar siswa dengan kategori sedang adalah 31,25% atau 5 siswa, pada siklus I motivasi belajar kategori tinggi dan sedang dengan persentase 56,25% atau 9 Siswa, dan siklus II persentase motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi dan sedang adalah 93,75% atau sebanyak 15 siswa. Adapun persentase keadaan awal ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50% atau 8 siswa, pada siklus I sebesar 68,75% atau 11 siswa, dan pada siklus II sebesar 93,75% atau15 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan motivasi dan hasil belajar, Metode inkuiri, IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 May 2014 12:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29122 |
Actions (login required)
View Item |