Upaya Membangkitkan Semangat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lessons (Belajar Dari Teman) Pada Siswa Kelas IV SDN Pati Lor 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

WIJAYANTI, DHORA RESIANA and , Drs. Suwarno, M.Pd (2014) Upaya Membangkitkan Semangat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lessons (Belajar Dari Teman) Pada Siswa Kelas IV SDN Pati Lor 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_DEPAN.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi peer lessons. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Pati Lor 02 pada tanggal 01 Oktober 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Pati Lor 02 yang berjumlah 27 siswa dan obyeknya adalah semangat belajar siswa serta strategi peer lessons. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator semangat belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah sebagai berikut:(1) kuatnya kemauan untuk berbuat; (2) jumlah waktu yang disediakan untuk belajar; (3) kerelaan meninggalkan kewajiban/ tugas yang lain; dan (4) ketekunan dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan semangat belajar siswa kelas IV SDN Pati Lor 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lessons. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui semangat belajar siswa rendah dengan presentase 42,5%. Pada siklus I terdapat semangat belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase semangat belajar siswa 57,45% dan pada siklus II semangat belajar siswa sangat baik dengan presentase 85,5%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan semangat belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran peer lessons.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, semangat belajar matematika, strategi peer lessons.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 11:56
Last Modified: 21 Oct 2021 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item