Hastyo, Febriansyah and , Drs. Muhroji, SE, M.Si (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tambongwetan Kalikotes Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (619kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dengan menggunakan media gambar tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tambongwetan, Kecamatan Kalikotes, Klaten tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua sikus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis .Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat dan hasil belajr siswa tentang pesawat sederhana, setelah dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan media gambar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya minat belajar siswa dan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan siswa yang minat belajar yang kemempuan ketertarikan 22,22%,perhatian 25,92% dan keterlibatan 27,77% dan pada siklus 1 meningkat dengan kemempuan ketertarikan 45,33%,kemampuan perhatian 49%, kemampuan keterlibatan 45,33% di siklus 2 meningkat lagi dengan kemempuan ketertarikan menjadi 81,33%,kemampuan perhatian 86%, kemampuan keterlibatan menjadi 80,6% .Adapun untuk nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 4 siswa atau 22,22% dan rata-rata kelas mencapai 55,77 dan di siklus 1 yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 8 siswa atau 44,44% dan rata-rata kelas mencapai 66,5 dan di siklus 2 sebanyak 16 siswa mendapat nilai di atas KKM atau 88,88% dan rata-rata kelas mencapai 82,5. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tambongwetan , Kecamatan Kalikotes, Klaten Tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar , Minat dan Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 May 2014 11:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29108 |
Actions (login required)
View Item |