Windaryanti, Windaryanti and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, MH (2014) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Meningkatan Keterampilan Membaca Cerita Pada Siswa Kelas 2 SDN 5 Karangrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]()
|
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
![]()
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (192kB) |
|
![]() |
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
![]() |
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
![]() |
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
![]() |
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
![]()
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]()
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (666kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan memahami isi teks bacaan pada siswa kelas 2 SD Negeri 5 Karangrejo. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa kelas 2 SDN 5 Karangrejo Tahun Ajaran 2013/2014 melalui metode Cooperative Intregasi Reading And Composition.2) Meningkatkan gemar membaca cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Pada tindakan kelas siklus I keterampilan membaca cerita siswa meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari data keterampilan membaca siswa pada tindakan kelas siklus I yaitu siswa yang mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru sebanyak 10 orang (58,82%), siswa yang menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru sebanyak 8 orang (47,05%), siswa yang menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri sebanyak 7 orang (41,17%), siswa yang menyusun kalimat menjadi cerita sebanyak 6 orang (35,29%). Pada siklus II kegiatan pembelajaran sudah berjalan cukup baik, sehingga ketrampilan membaca siswa mengalami peningkatan yang baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya indikator-indikator dari motivasi belajar siswa yang meliputi siswa yang mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru sebanyak 15 orang (88,23%), siswa yang menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru sebanyak 14 orang (82,23%), siswa yang menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri sebanyak 12 orang (70,58%), siswa yang menyusun kalimat menjadi cerita sebanyak 10 orang (58,82).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca cerita, cooperative intregasi reading and composition. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2014 16:55 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |