Rahmawati, Desti and , Dra. Rina Trisnawati, Ak, M.Si, Ph.D (2014) Analisis Inter-Relasi Antar Komponen Intellectual Capital Dan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Intan Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (348kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Inter-Relasi antar Komponen Intellectual Capital dan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada PT. Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) Tanjung Intan Cilacap)”. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tiga komponen intellectual capital yaitu human capital, customer capital dan structural capital dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan di PT. Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) Tanjung Intan Cilacap. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) Tanjumg Intan Cilacap. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer ini diperoleh peneliti secara langsung melalui penyampaian kuesioner kepada responden. Kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini diadaptasi dari Bontis, dkk (2000). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Analisis PLS dalam penelitian ini terdiri dari outer model dan inner model. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Human capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer capital yang dibuktikan dengan nilai T-statistics sebesar 9.108 (9.108>1.96). 2) Human capital tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap structural capital yang dibuktikan dengan nilai T-statistics sebesar 0.209 (0.209<1.96). 3) Customer capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap structural capital yang dibuktikan dengan nilai T-statistics sebesar 4.434 (4.434>1.96), dan 4) Structural capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan yang dibuktikan dengan nilai T-statistics sebesar 6.068 (6.068>1.96).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intellectual capital, human capital, customer capital, dan kinerja perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2014 13:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29098 |
Actions (login required)
View Item |