Hubungan Antara Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe, Tingkat Kecukupan Asam Folat, Vitamin B12 Dan Vitamin C Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kerjo Kabupaten Karanganyar

Parahita, Dhega and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med and , Rustiningsih, SKM., M.Kes (2014) Hubungan Antara Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe, Tingkat Kecukupan Asam Folat, Vitamin B12 Dan Vitamin C Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kerjo Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (702kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (498kB)

Abstract

Pendahuluan : Anemia dapat disebabkan oleh defisiensi berbagai zat gizi yang memberikan kontribusi terhadap metabolisme zat besi di dalam tubuh, seperti asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe akan memiliki peluang terhindar dari anemia daripada ibu hamil yang tidak mengkonsumsi tablet Fe. Kesadaran dan kepatuhan dibutuhkan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi. Tujuan : Mengetahui hubungan antara kepatuhan mengkonsumsi tablet fe dan tingkat kecukupan asam folat, vitamin B12 dan vitamin C dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kerjo Kabupaten Karanganyar. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 49 dipilih dengan metode consecutive sampling. Data kepatuhan diperoleh dengan menggunakan kuestioner, data tingkat kecukupan asam folat, vitamin B12, dan vitamin C menggunakan recall 24 jam selama 3 hari tidak berturut-turut dan data kadar hemoglobin dengan metode cyanmethemoglobin. Analisisi data dilakukan dengan uji korelasi yaitu uji person product moment. Hasil : Berdasarkan analisis univariat kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Kerjo sebesar 44,9%. Kepatuhan konsumsi tablet Fe subjek yaitu sebesar 67,2%. Subjek dengan tingkat kecukupan asam folat yang cukup sebanyak 55,1%, subjek dengan tingkat kecukupan vitamin B12 yang cukup sebanyak 61,2%, subjek dengan tingkat kecukupan vitamin C yang cukup sebanyak 55,1%. Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara kepatuhan konsumsi tablet Fe, tingkat kecukupan asam folat, vitamin B12, vitamin C dan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Kerjo Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan tablet Fe, asam folat, vitamin B12, vitamin C anemia, ibu hamil
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 11:59
Last Modified: 09 Sep 2022 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item View Item