Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Insani Gatak Delanggu Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Tahun Pelajaran 2012/2013

WIDYANTO, EKO and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Saifudin Zuhri, M.Ag. (2014) Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Insani Gatak Delanggu Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (907kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (599kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penerapan kurikulum pada hakikatnya adalah usaha yang dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah sehingga dengan demikian akan tercapai tujuan yang diinginkan sekolah yaitu prestasi belajar anak. Prestasi belajar merupakan aspek kecakapan yang dimiliki anak sebagai hasil usaha dan kegiatan yang ditempuh. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal maka pelaksanaa kurikulum juga harus maksimal. Kurikulum merupakan segala pengalaman yang diberikan oleh sekolah kepada seluruh anak didiknya, baik dilakukan didalam sekolah maupun diluar sekolah. Pengalaman anak didik di sekolah dapat diperoleh melalui berbagai kegiatan pendidikan antara lain: mengikuti pelajaran di kelas, praktik, ketrampilan, latihan olahraga dan kesenian dan kegiatan karya wisata atau praktik di laboratorium sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana penerapan kurikulum pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Insani dalam meningkatkan prestasi belajar anak?. Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan penerapan kurikulum pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Insani dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yang memberikan kontribusi bagi sekolah dalam memperluas pengetahuan khususnya di bidang kurikulum. Manfaat praktis berguna bagi penerapan kurikulum pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar anak khususnya di SDIT Mutiara Insani Gatak Delanggu serta sebagai bahan masukan dalam membuat kebijakan mengembangkan kurikulum di sekolah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambi lokasil penelitian di SDIT Mutiara Insani Gatak Delanggu sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara meliputi wawancara kepada kepala sekolah, bidang kurikulum dan bidang kesiswaan, obsevasi, dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari masalah yang bersifat khusus ke masalah-masalah yang bersifat umum. Adapun pemaparan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Pembelajaran yang di gunakan di SDIT Mutiara Insani menggunakan pembelajaran terpadu dan tematik yang sudah berjalan dengan baik sehingga dihasilkan prestasi di mana dalam nilai ulangan semester genap sudah memenuhi syarat kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditentukan serta mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, kurikulum Pendidikan, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 08:39
Last Modified: 18 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item