, Purnamansyah and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Pendidikan Islam (Studi Kasus : Pemikiran Doni Koesoema Albertus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I_.pdf Download (365kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (783kB) |
Abstract
Istilah karakter yang dimaksudkan dalam pemikiran Doni Koesoema Albertus adalah kepribadiaan. Sedangkan dalam pandangan pendidikan Islam istilah karakter berasal dari bahasa Arab yaitu Akhlaq, yang merupakan jamak dari khuluq, yang memiliki arti tabiat, budi pekerti, kebiasaan, dan kejantanan. Dasar pendidikan karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah yang berasal dari rasional atau akal pribadi dengan berbagai macam dimensi, baik dari dalam maupun dari luar pribadinya. Sedangkan menurut pandangan pendidikan Islam, dasar pendidikan karakter adalah Alquran dan Sunnah. Faktor yang mempengaruhi karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah realitas kemampuan anak dalam pengamatannya sendiri. Sedangkan dalam pandangan pendidikan Islam, faktor yang mempengaruhi karakter adalah tingkah laku atau kebiasaan. Tujuan pendidikan karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah untuk memotivasi kinerja pendidikan dan sebagai tuntutan dalam masyarakat. Sedangkan, menurut pandangan pendidikan Islam, tujuan pendidikan karakter adalah penddikan karakter di lingkungan keluarga, local, nasional, dan internasional melalui adat istiadat, undang-undang, dan tatanan antar bangsa; mengembangkan watak atau tabiatnya secara konsisten dalam mengambil keputusan kehidupan bermasyarakat; untuk menghadapi masalah dalam masyarakat secara rasional; menggunakan pengalaman yang baik bagi pembentukan kesadaran dan tanggung jawab terhadap tindakannya. Materi yang dimaksudkan oleh Doni Koesoema Albertus adalah setiap individu harus menghayati nilai-nilai yang baik, perilaku kehidupan, moral yang berhadapan dengan dirinya, sesama, dan Tuhan. Sedangkan, dalam pandangan pendidikan Islam, materi yang paling utama adalah perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajibannya terhadap dirinya, masyarakat, lingkungan (alam, social), Negara, dan Tuhan yang maha Esa. Guru yang dimaksud dalam pemikiran Doni Koesoema Albertus adalah guru sebagai pendidik karakter dalam sebuah masyarakat yang ditandai dengan perubahan nilai-nilai untuk meningkatkan visi dan inspirasi jiwa bagi kinerja lembaga pendidikan. Sedangkan dalam pandangan pendidikan Islam, guru adalah adanya hubungan timbal balik yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku anak didik ke arah kedewasaan susila yang cakap dan memberikan sejumlah ilmu pengetahuan dan membimbingnya. Sampel dalam pendidikan karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah perbuatan atau perilaku. Sedangkan, dalam pandangan pendidikan Islam, sampel atau gambaran dalam pendidikan karakter adalah mampu mengambil keputusan atau tindakan. Tujuan evaluasi pendidikan karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah untuk mengetahui sejauh mana karakter yang dimiliki oleh anak didik. Sedangkan, dalam pandangan pendidikan Islam, evaluasi pendidikan karakter ditujukan untuk mengetahui keberhasilan dalam mengajar, dengan indikator karakter yang dapat anak didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 16:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29065 |
Actions (login required)
View Item |