PURWANTO , IWAN (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA, SIEMENS, DAN SONY ERICSSON (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040159.pdf Download (292kB) |
|
PDF
B100040159.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas, model dan purna jual terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Nokia, Siemens dan Sony Ericsson dan mengetahui diantara harga, kualitas, model dan purna jual yang lebih dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Nokia, Siemens dan Sony Ericsson. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi implikasi strategis dan menjadi strategi yang tepat untuk semakin meningkatkan minat konsumen dalam melakukan pembelian terhadap handphone Nokia, Siemens dan Sony Ericsson. Untuk menjawab hipotesis dalam penelitian digunakan alat analisis analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 3.292 mahasiswa pada tahun 2008, sedangkan sampel yang diambil adalah sejumlah 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk handphone dengan merek Nokia pada variabel harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,060 (p = 0,047 < 0,05); sehingga harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel kualitas (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 0,008 (p = 0,994 > 0,05); sehingga kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel model (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 0,067 (p = 0,947 > 0,05); sehingga model tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone.Variabel purna jual (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 2,080 (p = 0,045 < 0,05); sehingga purna jual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Handphone dengan merek Sony Ericsson diketahui bahwa untuk variabel harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,822 (p = 0,009 < 0,05); sehingga harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel kualitas (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,269 (p = 0,032 < 0,05); sehingga kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone.Variabel model (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 0,612 (p = 0,546 > 0,05); sehingga model tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel purna jual (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 1,192 (p = 0,244 > 0,05); sehingga purna jual tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Handphone dengan merek Siemens diketahui bahwa variabel harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,556 (p = 0,017 < 0,05); sehingga harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel kualitas (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 1,267 (p = 0,217 > 0,05); sehingga kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel model (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 2,230 (p = 0,035 < 0,05); sehingga model berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone. Variabel purna jual (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 0,948 (p = 0,352 > 0,05); sehingga purna jual tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, kualitas, model, purna jual, keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Jun 2009 08:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 19:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2906 |
Actions (login required)
View Item |