Pola Asuh Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim ‘Aisyiyah 04 Simo Boyolali Tahun 2012)

Shomad, Abdul Basyid Muh. Abdul and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Pola Asuh Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim ‘Aisyiyah 04 Simo Boyolali Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (485kB)

Abstract

Anak adalah tunas bangsa yang akan menerima tongkat estafet perjuangan dan cita-cita bangsa. Untuk itu, anak memerlukan bimbingan, arahan dan didikan dari orang tua sejak dini, sebagai persiapan untuk menghadapi masa yang akan datang. Sementara keluarga adalah masyarakat terkecil yang paling inti. Dari keluargalah anak mulai memperoleh pendidikan sebelum memasuki pendidikan secara formal di sekolah. Oleh karena itu, pola asuh orang tua dalam mendidik anak akan mempengaruhi keberhasilan anak dalam belajar. Pelayanan dan pemenuhan kebutuhan anak di panti asuhan dimaksudkan agar anak dapat belajar dan berusaha mandiri serta tidak hanya menggantungkan diri tehadap orang lain setelah keluar dari panti asuhan. Pendidikan dan keterampilan membuat anak-anak Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo memiliki pribadi yang kuat, optimis terhadap kemajuan dirinya, dan membuka pemikiran anak untuk selalu berjuang dalam menjalani roda kehidupan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh anak di Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo Boyolali dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo Boyolali. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola asuh anak di Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo Boyolali serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo Boyolali. Adapun manfaat penelitian ini adalah: (a) manfaat teoritis diharapkan dapat menambah hazanah pendidikan dan pengetahuan sosial, khususnya mengenai pola asuh anak di Panti Asuhan, (b) manfaat praktis diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan dan masukan bagi pihak panti asuhan dalam mengambil kebijakan, serta bagi para pengasuh dalam mengasuh anak-anak asuhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pola asuh yang dilaksanakan pengasuh di Panti Asuhan Yatim „Aisyiyah 04 Simo Boyolali dalam meningkatkan prestasi belajar adalah menggunakan pola asuh demokratis yang dimulai dengan pemberian kasih sayang, melindungi, memberi bimbingan, pengarahan dan pendidikan terhadap anak asuh. Adapun beberapa faktor pendukung yang bisa meningkatkan prestasi belajar anak asuh, adalah faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yang paling pokok adalah faktor dana yang merupakan aset berjalannya proses peningkatan prestasi belajar anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola asuh dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 13:27
Last Modified: 20 Oct 2021 01:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item View Item