Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga ( Studi Atas Pemikiran Hasan Langgulung )

Lestari, Sri and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag (2014) Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga ( Studi Atas Pemikiran Hasan Langgulung ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bba II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bba III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampirna)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)

Abstract

Pendidikan anak seharusnya dimulai dari lingkungan keluarga sebagai lingkungan yang pertama kali dikenal oleh anak. Masih banyaknya keluarga yang kurang memperhatikan masalah pendidikan agama bagi ana k-anaknya disebabkan keterbatasan ilmu dan pengetahuan agama islam orang tuanya. Hal ini menimbulkan kenakalan-kenakalan yang dilakukan anak-anak akibat kurangnya pendidikan agama yang mereka terima dari lingkungan keluarga. Penelitian ini adalah penelitia n kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan bahan-bahan penelitian dengan membaca dan memahami bukubuku perpustakaan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dengan menelaah sumber data baik primer maupun sekunder. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif yaitu memaparkan, mengkaji dan mengaitkan data-data yang diperoleh baik secara tekstual maupun kontekstual, dalam tahap selanjutnya data -data deskriptif kemudian di analisis menggunakan metode analisa isi (content analysis), yaitu suatu teknik untuk membuat inferensi secara objektif dan sistematis. Pendidikan Agama islam dalam keluarga merupakan hasil pemikiran yang Rasional yang didasarkan pada masalah-masalah yang tidak diinginkan. Keluarga adalah : 1. Islam memandang pendidikan dalam Keluarga merupakan sebuah lembaga pendidikan yang pertama dan utama, yang menjadi fundamen atau dasar bagi pendidikan anak selanjutnya. 2. Mengenai dasar pendidikan keluarga adalah merujuk pada Al-Qur’an dan hadits, kebenaran keduanya, bukan berdasar keyakinan saja, tetapi juga rasional dan dapat dibuktikan. 3. Tujuan mendidik anak adalah agar mampu berkembang secara maksimal, yang meliputi seluruh aspek perkembangannya, dan tujuan pendidikan keluarga pada dasarnya hanya untuk menyelamatkan fitrah manusia. 4. Dalam pendidikan keluarga islam menerapkan metode yang sesuai dengan materi, kondisi, dan keadaan anak didik dalam keluarga. 5. Mengenai materi pendidikan, keluarga islam pendidikan agama merupakan kunci keberhasilan pendidikan dalam keluarga. Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pemikiran Hasan Langgulung mengenai Pendidikan agama Islam dalam keluarga adalah mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam dari satu generasi ke generasi yang lain. Hal ini diharapkan umat Islam menjadi umat yang kokoh dan sebagai pembawa amanah khalifah di dunia yang bertanggung jawab. Penyampaian nilai-nilai ajaran agama dilakukan dengan cara-cara yang berpihak pada anak. Keteladanan orang tua menjadi prioritas utama dalam mendidik anak di dalam keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Hasan Langgulung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 12:41
Last Modified: 20 Oct 2021 01:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29045

Actions (login required)

View Item View Item