Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2012/2013

Yasin, Ahmad and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (323kB)

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pencapaian prestasi belajar seseorang. Pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap pencapaian presta si belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun akademik 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap pencapaian prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2012/2013 Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dan lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantita tif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji t atau test t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan UMS memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) FAI - UMS tahun akademik 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji komparatif dengan tes “t” yang menunjukkan bahwa ?? =2,77 lebih besar dari ?? !Zbaik pada taraf sig nifikan 5% maupun 1% (2,01<2,77>2,68). Hal ini menunjukkan bahwa memang terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dalam pemanfaatan perpustakan dengan yang tidak aktif, dimana mahasiswa yang aktif dalam pemanfaatan perpustakaan memiliki pencapaian prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang tidak aktif. Sumbangan positif pemanfaatan Perpustakaan UMS terhadap pencapaian prestasi belajar mahasiswa Program studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun akademik 2012/2013 diantaranya: Perpustakaan UMS telah menyediakan suasana yang nyaman untuk belajar sehingga dapat membangkitkan motivasi mahasiswa untuk membaca, menyediakan berbaga i Informasi yang dapat menambah wawasan mahasiswa, menyediakan berbagai koleksi buku yang sudah cukup memadai yang sangat menduk ung pengembangan materi kuliah, digunakan para mahasiswa dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya dan digunakan sebaga i sumber belajar alternatif terutama bagi mahasiswa yang kurang mampu atau belum memiliki sumber belajar pribadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan , Perpustakaan dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 12:21
Last Modified: 20 Oct 2021 01:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item