Restiyani, Sri and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_Skripsi_dll.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daf_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah__Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan minat dan hasil belajar belajar IPS bagi siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo tahun pelajaran 2013/2014 yan gberjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi sedang teknik analisis data yang digunakan dengan teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hasil peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo, hal tersebut dilihat pada pra siklus minat belajar siswa sebesar 50,32 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar 30,77% sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan untuk minat menjadi 56,73% dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 42,31% dan pada siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi 78,21% dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 84,59%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tegalgondo tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hasil Belajar, Metode Student Teams Achievement Division |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 May 2014 09:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29024 |
Actions (login required)
View Item |