Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo Tahun Pelajaran 2013/2014

Restiyani, Sri and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_Skripsi_dll.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daf_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah__Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan minat dan hasil belajar belajar IPS bagi siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo tahun pelajaran 2013/2014 yan gberjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi sedang teknik analisis data yang digunakan dengan teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hasil peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalgondo, hal tersebut dilihat pada pra siklus minat belajar siswa sebesar 50,32 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar 30,77% sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan untuk minat menjadi 56,73% dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 42,31% dan pada siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi 78,21% dan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 84,59%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tegalgondo tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Hasil Belajar, Metode Student Teams Achievement Division
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 09:37
Last Modified: 21 Oct 2021 01:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29024

Actions (login required)

View Item View Item