Lestari, Wiji and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Story Book Reading Di TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf Download (315kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFPUS.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_WIJI_LESTARI_NIM_A53H111073.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan kemampuan berbahasaanak kelompok B di TK Pilang I, untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa dengan menggunakan Metode story book reading pada anak kelompok B TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah dilaksanakan di TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen pada bulan Oktober 2013 - Januari 2014. Yang menjadi subyek dalampenelitian ini adalah anak TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila = 70% anak yang menunjukkan keberhasilannya dalam: 1) anak yang menceritakan kejadian dalam cerita , 2) anak yang bisa mengurutkan gambar cerita secara urut, 3) anak yang dapat membuat kalimat sederhana menurut cerita, 4) anak yang menjawab pertanyaan guru tentang cerita , 5) anak yang dapat menyebutkan nama tokoh yang ada dalam cerita. Dari hasil penelitian dapat. disimpulkan bahwa: 1) Hasil dari mengembangankan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Pilang I pra siklus adalah 47,62%. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode story book reading dapat mengembangan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK Pilang I Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen, dengan bukti hasil rentang keseluruhan anak sebelum menggunakan metode story book reading menunjukkan 47,62%, dengan menggunakan metode story book reading pengembangan siklus pertama menunjukkan 65,71%, dan rentang pengembangan siklus kedua menunjukkan sehingga indikator keberhasilan telah dicapai, maka dapat dikatakan tujuan penelitian telah tercapai.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbahasa, Metode story book reading pada |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 May 2014 07:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29018 |
Actions (login required)
View Item |