Purwani, Titik and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Sandiwara Boneka Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi III Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (531kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (350kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode sandiwara boneka pada anak dikelompok A TK Pertiwi III Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK Pertiwi III Blimbing yang berjumlah 26 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Tehnik analaisis data yang digunakan adalah tehnik analisis diskriptif komparatif dan tehnik analisis diskriptif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil peneliian dapat disimpulkan bahwa melalui metode sandiwara boneka dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok A TK Pertiwi III Blimbing. Hal ini terbukti pada kondisi pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 42%, siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 83%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa dalam proses pembelajaran pengembangan bahasa dengan menggunakan metode sandiwara boneka dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak dan telah mencapai hasil yang diharapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan verbal linguistik, metode sandiwara boneka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 May 2014 11:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29009 |
Actions (login required)
View Item |