PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PENCARIAN INFORMASI, PENILAIAN PELANGGAN DAN MEMORI IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN ADOPSI PRODUK BARU (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Hermawan , Candra (2009) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PENCARIAN INFORMASI, PENILAIAN PELANGGAN DAN MEMORI IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN ADOPSI PRODUK BARU (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040148.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
B100040148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh secara individu dari faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan terhadap keputusan adopsi. Untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh secara bersama-sama dari faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan terhadap keputusan adopsi. Untuk menganalisis faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi sebanyak 55 responden. Hipotesis dalam penelitian ini adalah faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan dan memori iklan secara individu berpengaruh terhadap keputusan adopsi. Faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan dan memori iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan adopsi. Faktor memori iklan pengaruh paling dominan terhadap keputusan adopsi. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut Y = -2,170 + 0,142 X1 + 0,155 X2 + 0,578 X3. Angka koefisien determinasi menunjukkan 0,776 berarti variasi variabel pencarian informasi, penilaian pelanggan dan memori iklan mampu menjelaskan variasi variabel keputusan pembelian sebesar 77,6%. Nilai t hitung untuk X1 = 2,321 > 1,96, X2 = 2,583 > 1,96, X3 = 5,533 > 1,96, hal ini ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan untuk nilai F hitung = 63,463 > Ftabel = 2,76, berarti secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan terhadap keputusan adopsi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan adopsi dipengaruhi oleh variabel memori iklan mempunyai pengaruh paling dominan dibandingkan variabel pencarian informasi dan variabel penilaian pelanggan, dengan nilai uji t sebesar 5,533.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencarian Informasi, Penilaian Pelanggan dan Memori Iklan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Jun 2009 08:32
Last Modified: 09 May 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item