Rahayu, Sri and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara nak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Gebang I Masaran Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (345kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (335kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita bergambar pada anak didik Taman Kanak-kanak Gebang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch ) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Gebang MasaranKecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus serta dalam penelitian ini juga menggunakan deskriptif komparatif untuk mengambarkan pencapaian anak pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan ketuntasan kemampuan berbicara anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kemampuan berbicara yang berkembang sesuai harapan anak hanya 35 %, pada siklus I sebesar 60 %, dan pada siklus II sebesar 90 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak TK Gebang Masaran Sragen tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan Berbicara , Metode Bercerita Bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 May 2014 08:11 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28995 |
Actions (login required)
View Item |