Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Penerapan Metode Sandiwara Boneka Pada Anak Kelompok B TK Gedongan Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Suharni, Suharni and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Penerapan Metode Sandiwara Boneka Pada Anak Kelompok B TK Gedongan Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (391kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (177kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak melalui penerapan metode sandiwara boneka tangan pada kelompok B TK Gedongan Plupuh, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan metode sandiwara boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan bekerja sama anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kemampuan bekerja sama anak hanya 20 %, pada siklus I sebesar 50 %, pada siklus II sebesar 90 % Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Metode Sandiwara boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini pada TK Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kemampuan Berbahasa , Metode Sandiwara Boneka Tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 May 2014 09:57
Last Modified: 20 Oct 2021 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item