ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI ROKOK DJARUM SUPER DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

RAIS , MUHAMMAD CHUSNI (2009) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI ROKOK DJARUM SUPER DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040145.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
B100040145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku konsumen (umur, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan) terhadap produk (kualitas, pengemasan dan harga) dalam mengkonsumsi produk rokok Djarum Super. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk rokok Djarum Super, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat untuk semakin meningkatkan minat konsumen untuk mengkonsumsi rokok Djarum Super. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah chi square. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 3.292 mahasiswa pada tahun 2007. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan Purposive Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa umur mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 182,855 > 124,342. Umur mempunyai hubungan yang signifikan dengan pengemasan dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 182,114 > 124,342. Umur mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 143,312 > 124,342. Untuk variabel pendidikan diketahui bahwa pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 321,971 > 124,342. Pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pengemasan dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 229,290 > 124,342. Pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 184,098 > 124,342. Adapun pada varaibel pendapatan diketahui bahwa pendapatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kualitas dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 233,277 > 124,342. Pendapatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pengemasan dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 200,533 > 124,342. Pendapatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga dalam mengkonsumsi Rokok Djarum Super dengan nilai χ2hitung adalah 157,204 > 124,342. Secara keseluruhan pendapatan dan harga mempunyai selisih keofisien kontingensi dan C Max yang paling kecil dibandingkan dengan variabel yang lain, yaitu dengan nilai 0,042255, sehingga menunjukkan bahwa antara pendapatan dengan harga merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi produk Rokok Djarum Super. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian yang pernah dilakukan oleh Purwadi (1996) yang terbukti kebenarannya bahwa karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh terhadap pemilihan tas Eiger adalah tingkat pendapatan orang tua, selera konsumen dan tingkat harga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Umur, pendidikan, pendapatan, kualitas, pengemasan, harga
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Jun 2009 08:27
Last Modified: 16 Nov 2010 19:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item