Karakterisasi Mekanis Bahan Kampas Kopling (Clutch) Sepeda Motor Dengan Bahan Serat Kelapa, Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Aluminium Dan Resin Phenolic

Ahmadi, Qosim and , Ir. Pramuko Ilmu Purboputro, MT. and , Bambang Waluyo F, ST. MT (2014) Karakterisasi Mekanis Bahan Kampas Kopling (Clutch) Sepeda Motor Dengan Bahan Serat Kelapa, Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Aluminium Dan Resin Phenolic. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (733kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui harga kekerasan keausan serta koefisien gesek kampas kopling dengan variasi komposisi serbuk aluminium, serbuk arang tempurung kelapa, serat kelapa dan resin phenolic kemudian dibandingkan dengan kampas kopling yang ada dipasaran yaitu kampas kopling indopart. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat kelapa, serbuk arang tempurung kelapa, serbuk aluminium, dan resin phenolic. Kemudian dalam pembuatan dilakukan proses kompaksi dengan gaya sebesar 2,5 ton dan ditahan selama 60 menit. di dalam proses kompaksi ini kita mengunakan hieter dengan suhu 1300C agar campuranya bisa menjadi lebih padat dan menyatu. Setelah mencapai holding time yang di inginkan, dies dilepas kemudian dilakukan proses sintering yaitu dengan dimasukkan kedalam oven. Suhu diukur 190ºC selama 30 menit dan spesimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat spesimen kampas kopling variasi kemudian dilakukan pengujian kekerasan brinell, pengujian keausan dan koefisien gesek serta dilakukan uji foto struktur mikro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun spesimen kampas kopling sepeda motor. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan dengan variasi serat sabut kelapa sebesar 40 %, serbuk arang tempurung kelapa sebesar 15 %, serbuk aluminium sebesar 15 %, dan resin phenolic 30% didapat harga kekerasan 15,86 kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,223 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,197 mm/jm. Sehingga mendekati harga kampas kopling indopart dengan harga kekerasan 13,27 kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,21 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,18 mm/jm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kampas kopling, kekerasan, keausan, koefisien gesek
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 11:52
Last Modified: 14 Oct 2021 01:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28961

Actions (login required)

View Item View Item