Pariyati, Titik and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Puzzle Kata Pada Anak Kelompok B TK Gebang 2 Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_YG_BENAR.pdf Download (875kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (464kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (399kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan puzzle kata pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Gebang 2 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Gebang 2 Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Penggunaan permainan puzzlle kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan ketuntasan kemampuan membaca anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan ketuntasan anak hanya 9,1 %, pada siklus I sebesar 40,9 %, pada siklus II sebesar 72,7% dan pada siklus III sebesar 100 %. Penggunaan permainan puzzlle kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak karena dalam permainan puzzlle kata memuat peraturan-peraturan yang harus diikuti olah anak/pemain, dimana aturan ini dapat melatih anak untuk menggunakan penalarannya. Penalaran ini merupakan suatu alur pemikiran yang dilandasi oleh pemikiran secara matematis, sebab permainan puzzlle kata ini banyak dijumpai penamaan konsep membaca secara tidak disadari oleh anak Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui permainan puzzlle kata dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak TK Gebang 2 Masaran tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan Membaca Permainan Puzzle Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 May 2014 09:26 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28954 |
Actions (login required)
View Item |