Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah Vi Cengklik Kalijambe Tahun Pelajaran 2013/2014

Ismiyati, Ismiyati and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah Vi Cengklik Kalijambe Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatr Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Aisyiyah VI Cengklik Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan tiga bulan mulai bulan Desember 2013 sampai bulan Februari 2014.Adapun tempat penelitiannya yaitudi TK AisyiyahVI Cengklik Kalijambe Kabupaten Sragen. Subyek penelitian di dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah VI Cengklik yang berjumlah 30 anak 15 anak laki - laki dan 15 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakna kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing - masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan sebagai berikut :ada perkembangan kemampuan berhitung yaitu rata - rata perkembangan pada kondisi awal= 14,1, rata - rata pada siklus I = 22,9, rata - rata pada siklus II = 25,7. Presentase perkembangan berhitung pada kondisi awal = 47% pada siklus I = 76,3%pada siklus II = 85,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Berhitung. Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 08:36
Last Modified: 19 Oct 2021 17:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28952

Actions (login required)

View Item View Item