Nurngatini, Sri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Bekerja Sama Melalui Metode Bermain Kelompok Pada TK Hidayatturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.PDF Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.PDF Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.PDF Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.PDF Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.PDF Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF Download (459kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bekerja sama melalui Metode Bermain Kelompok pada Taman Kanak-kanak Hiidayatturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaksi, komponen pokok analisis interaksi yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan metode bermain kelompok dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan bekerja sama anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kemampuan bekerja sama anak hanya 20 %, pada siklus I sebesar 53,33 %, pada siklus II sebesar 93,33 % Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Metode Bermain kelompok dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama pada anak usia dini pada TK Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan Bekerja sama , Metode Bermain Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 May 2014 06:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28930 |
Actions (login required)
View Item |