Widiasari, Weny and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Drs. Haryono Yuwono, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak Melalui Metode Relaksasi Di KB ANYELIR IIDI JL.Semenrante Mangkuyudan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamaN Depan)
3._halaman_depan.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.PUBLIKASI.pdf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan emosi anak KB dengan metode relaksasi di KB Anyelir IIDI Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jenis Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas ( PTK ), subjek dalam penelitian ini adalah anak KB Anyelir IIDI Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan rata-rata pencapaian perkembangan emosi dengan indikator setiap siklus. Berdasarkan data penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu: Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan emosi anak melalui metode relaksasi, pada perkembangan emosi pra siklus sebesar 30%, perkembangan emosi siklus satu sebesar 60%, dan perkembangan emosi siklus dua sebesar 75%. Untuk meningkatkan perkembangan emosi anak melalui metode relaksasi juga didukung dengan beberapa indikator yaitu mengekspresikan perasaan ( sedih, marah, gembira, kaget ), mengungkapkan emosi dan perasaan, menunjukkan sikap toleran, menunjukkan rasa empati. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan perkembangan emosi ini juga didukung dengan metode pendukung, diantaranya dengan prakter langsung, bercerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode relaksasi dapat meningkatkan perkembangan emosi anak kelompok bermain anyelir iidi surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Emosi, Metode Relaksasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2014 07:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28881 |
Actions (login required)
View Item |