Analisis Strategi Pemasaran Bebek Goreng (Studi Kasus: Warung Makan Bebek Goreng H Slamet Kartasura)

Abdillah, Fathoni and , Muchlison Anis S.T.,M.T. and , Dr. Suranto, M.M. (2014) Analisis Strategi Pemasaran Bebek Goreng (Studi Kasus: Warung Makan Bebek Goreng H Slamet Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Banyaknya pesaing menuntut Bebek Goreng H. Slamet untuk memilih strategi pemasaran yang tepat dalam menjalankan usahanya. Persaingan tersebut juga menuntut Bebek Goreng H. Slamet melakukan strategi yang cepat dan terencana, sehingga diperlukan suatu strategi yang tepat untuk menghadapi pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap pemasaran Bebek Goreng H. Slamet, sehingga didapat beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan Bebek Goreng H. Slamet. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah Sebagai bahan pertimbangan Bebek Goreng H. Slamet dalam menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Metode analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal, dari hasil evaluasi didapatkan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matiks External Factor Evaluation (EFE), dari kedua matriks tersebut, dapat diketahui posisi suatu usaha menggunakan matriks I-E (Internal-External Matrix) dan diketahui beberapa alternatif strategi yang bisa dilakukan. Untuk menentukan strategi mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, penelitian ini menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Strategi yang dilakukan pertama kali adalah strategi pengembangan produk dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 6,065. Alternatif strategi yang kedua adalah strategi penetrasi pasar dengan nilai TAS sebesar 5,856 dan alternatif ketiga yaitu peningkatan kualitas manajemen dengan nilai TAS sebesar 4,794. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari analisa QSPM, maka alternatif strategi yang dapat diterapkan Bebek Goreng H. Slamet antara lain menyediakan menu makanan lain seperti bebek bakar, bebek panggang, menyediakan menu paket hemat dan penawaran diskon bagi konsumen, melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga agar pangsa pasar lebih luas seperti bekerja sama dengan tour travel, memanggil staf ahli di bidang manajemen untuk meningkatkan operasional warung makan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks I-E, QSPM
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 14:03
Last Modified: 17 Oct 2021 14:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item