Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar PAI Siswa Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Wulandari, Ayu and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar PAI Siswa Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dewasa ini masih banyak nilai keagamaan sering diabaikan, untuk itu Guru PAI diharapkan lebih optimal dalam menjalankan berbagai aspek diantaranya masalah sarana dan prasarana pendidikan. Karena sarana dan prasarana serta manajemen yang baik proses pembelajaran akan semakin berkualitas. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2013/2014, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa yang dilakukan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2013/2014, serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana pendidikan meningkatkan kualitas belajar PAI siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura sebagai informan dalam penelitian ini, dan mengunakan pendekatan kualitatif serta dalam pengumpulan data mengunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka diperoleh hasil penelitian: 1) Kegiatan manajemen sarana dan prasarana fisik dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura meliputi: Perencanaan, Pengadaan, Penggunaan, Inventarisasi, Pendistribusian, Pemeliharaan, Pemakaian, Penghapusan dan Pengawasan. Serta sarana dan prasarana non fisik meliputi: Peraturan, Metode pembelajaran, Kewibawaan, dan lingkungan sosial. 2) Faktor pendukung meliputi: website di sekolah sudag dioperasikan secara optimal, Adanya dukungan komite sekolah serta masukan dari wali murid, Guru PAI mahir dalam penggunaan sarana eletronik seperti Laptop dan LCD, Siswa patuh dan hormat dalam pembelajaran. 3) Faktor Penghambat meliputi: kurangnya lahan bermain siswa, kurangnya dana yang tersedia, banyaknya usia sarana dan prasarana yang sudah tua, belum terpenuhinya secara lengkap buku bacaan diperpustakaan. Dari semua proses manajemen sarana dan prasarana fisik dan non fisik, serta tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat dihasilkan peningkatan kualitas belajar PAI siswa meliputi: a) Hasil perlombaan bidang keagamaan meliputi: lomba kaligrafi, lomba adzan, dan lomba Tahfidz Surat Pendek. b) Hasil nilai harian PAI siswa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Kualitas belajar PAI siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 12:57
Last Modified: 20 Oct 2021 01:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28874

Actions (login required)

View Item View Item