Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Sains Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Sanggir, Paulan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Setyowati, Evy and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Sains Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Sanggir, Paulan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran sains pada kelompok B di TK Aisyiyah Sanggir, Paulan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek penelitian anak kelompok B dengan jumlah anak 26 terdiri dari 12 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan, dalam 1 siklus 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah kemampuan kognitif dan penggunaan pembelajaran sains. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisa komperatif dengan cara membandingkan kemampuan anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Hasil penelitian dari kemapuan kognitif melalui pembelajaran sains sebelum ada tindakan pencapaian prosentase sebesar 35,57%, pada Siklus I prosentasenya sebesar 68,65%, yang artinya kemampuan kognitif anak mulai berkembang, karena peneliti mentargetakan pada Siklus I sebesar 65%. pada Siklus II prosentasenya mencapai 86,42% yang artinya kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sains sudah berkembang sesuai harapan, karena peneliti mentargetkan pada Siklus II sebesar 85%. Dengan hasil yang diperoleh membuktikan bahwa pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Aisyiyah Sanggir, Paulan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/1014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Kognitif, Pembelajaran Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2014 11:16
Last Modified: 19 Oct 2021 03:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item