Upaya Meningkatkan Kecerdasan interpersonal Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014

Wijayanti, Fitri and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan interpersonal Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan Interpersonal pada Kelompok B TK Islam Mardisiwi Pajang, Laweyan, Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014 melalui metode Proyek. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa dan guru kelompok B, objek penelitian kecerdasan Interpersonal. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif. Adapun kriteria ketuntasan dalam penelitian ini jika anak mencapai skor ≥ 24. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 54,54% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81,81%. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 25,45 dan pada siklus II sebesar 33,27. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B TK Islam Mardi Siwi Pajang, Laweyan, Surkarta Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode proyek, kecerdasan, interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2014 10:51
Last Modified: 19 Oct 2021 03:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28859

Actions (login required)

View Item View Item