Wijayanti, Fitri and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan interpersonal Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Islam Mardi Siwi Pajang Laweyan Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (525kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan Interpersonal pada Kelompok B TK Islam Mardisiwi Pajang, Laweyan, Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014 melalui metode Proyek. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa dan guru kelompok B, objek penelitian kecerdasan Interpersonal. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif. Adapun kriteria ketuntasan dalam penelitian ini jika anak mencapai skor ≥ 24. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 54,54% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81,81%. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 25,45 dan pada siklus II sebesar 33,27. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B TK Islam Mardi Siwi Pajang, Laweyan, Surkarta Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode proyek, kecerdasan, interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 May 2014 10:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28859 |
Actions (login required)
View Item |