Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Rochimah, Etik Nur and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (891kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK Dharma Wanita Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak dan guru TK Dharma Wanita, Plupuh, Sragen tahun ajaran 2013/2014. Anak-anak sebagai penerima tindakan sedangkan guru sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan sains anak maupun pelaksanaan pembelajaran melalui metode eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif dan anaisis interaktif. Analisis komparatif digunakan untuk membandingkan antara hasil dari rata-rata kemampuan sains anak, sedangkan analisis interaktif digunakan untuk menganalisis data pembelajaran dengan metode eksperimen meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menyimpulkan menjadi sebuah data yang valid. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode eksperimen melalui bermain air dapat mengembangkan kemampuan sains anak kelompok B di TK Dharma Wanita Plupuh Sragen. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata prosentase setiap siklus yaitu pra siklus 34%, siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 60,14%, siklus III sebesar 82,81%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil berkembang kemampuan sains anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2014 13:08
Last Modified: 16 Oct 2021 13:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item