Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Gambar Pada Kelompok B DI TK Dharma Wanita Bandung Wonosegoro Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Mahmudah, Ummi and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd and , Willi Astuti, S.Pd., M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Gambar Pada Kelompok B DI TK Dharma Wanita Bandung Wonosegoro Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus secara berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, penngamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif anatara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan kosakata (vocabulaary) bahasa Inggris anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru TK Dharma Wanita Bandung Wonosegoro Boyolali. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui media gambar. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 41,67%, siklus I mencapai 62,15% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 20,48%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 83,68% dengan peningkatan mencapai 21,53%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bandung Wonosegoro Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2014 12:56
Last Modified: 19 Oct 2021 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item