Implementasi Kurikulum Paud Di PAUD As-Syifa Semanggi Kotamadya Surakarta

Fitria, Salisa Rakhma and , Dr. Darsinah, M. Si and , Drs. Haryono Yuwono, M.Pd (2014) Implementasi Kurikulum Paud Di PAUD As-Syifa Semanggi Kotamadya Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum PAUD khususnya pada komponen pembelajaran, (2) mengetahui masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum PAUD khususnya pada komponen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PAUD As-Syifa Semanggi Kotamadya Surakarta. Subjek pada penelitian ini adalah guru TK B (Amanah usia 5-6 tahun) di PAUD As-Syifa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisi data dengan metode alur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran di PAUD As-Syifa masih kurang sesuai khususnya dalam pelaksanaan 4 pijakan mainnya masih ada yang perlu ditingkatkan. Pada pijakan lingkungan main densitas main yang disediakan yaitu belum 3 kali jumlah anak, alat dan bahan yang disediakan guru juga masih ada yang belum tematik, setting tempatnya dilakukan saat anak istirahat sehingga kurang kondusif. Pada pijakan sebelum main sudah dilakukan sesuai pedoman kurikulum PAUD khususnya komponen pembelajaran. Pada pijakan saat main guru masih mengalami kesulitan ketika harus melakukan penilaian terhadap perkembangan anak karena kurangnya penekanan tata tertib ketika bermain sentra sehingga anak kurang dapat bertanggung jawab, selain itu untuk pembagian jenis main yang akan dimainkan anak langsung ditentukan guru. Pada pijakan setelah main sudah sesuai dengan komponen kurikulum PAUD khususnya komponen pembelajaran. (2) Permasalahan yang dihadapi PAUD As-Syifa dengan penggunaan model pembelajaran sentra anak cenderung kurang fokus dalam mengembangkan perkembangan sehingga PAUD As-Syifa juga menggunakan model pembelajaran klasikal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum PAUD, komponen pembelajaran PAUD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2014 12:26
Last Modified: 19 Oct 2021 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item